Efektifitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Sebagai Lembaga Penyelesaian Sengketa Konsumen Di Indonesia

Efectiveness Of The Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK) As A Consumer Settlement

Authors

  • Yudi Nurul Anwar Nusa Putra University
  • Hana Muhamad Nusa Putra University

Keywords:

BPSK, Sengketa Konsumen, UUPK

Abstract

As a consumer dispute settlement agency, BPSK can issue decisions that are basically divided into three types of decisions, namely decisions by means of consolidation, mediation and arbitration. BPSK is given the authority to adjudicate consumer disputes according to the Consumer Protection Law (UUPK), the exterritorial power of BPSK decisions must first be ratified by the District Court. This certainly opens the opportunity for the cancellation of the BPSK decision by the District Court which leads to the ineffectiveness of law enforcement by BPSK. This study is intended to find answers about the effectiveness of BPSK as a consumer dispute resolution agency in Indonesia. By using normative juridical research methods, this study concludes that the effectiveness of the Consumer Dispute Settlement Agency (BPSK) as a consumer dispute resolution agency can be effective, among others, by revising the UUPK, this is intended to improve regulations on the authority and main functions of the BPSK institution.

Abstrak– Sebagai sebuah lembaga penyelesaian sengketa konsumen, BPSK dapat mengeluarkan putusan yang pada dasarnya dibedakan atas tiga jenis putusan, yakni putusan dengan cara konsiliasi, mediasi dan arbitrase. BPSK diberi kewenangan untuk mengadili sengketa konsumen menurut Undang-undang Perlindungan Konsumen (UUPK), kekuatan ekseritorial putusan BPSK harus dimintakan pengesahannya terlebih dahulu ke Pengadilan Negeri. Hal ini tentu membuka peluang untuk sangat mungkin terjadi pembatalan putusan BPSK oleh Pengadilan Negeri yang berujung pada tidak efektifnya penegakan hukum oleh BPSK. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan jawaban tentang bagaimana efektifitas BPSK sebagai lembaga penyelesaian sengketa konsumen di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif, penelitian ini menyimpulkan bahwa efektifitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) sebagai lembaga penyelesaian sengketa konsumen dapat efektif diantarannya dengan melakukan revisi terhadap UUPK, hal tersebut dimaksudkan agar terjadi penyempurnaan regulasi terhadap wewenang dan tupoksi lembaga BPSK.

References

Prof. Dr. Jimly Asshidiqqie, SH. 2015. Penguatan Sistem Pemerintahan dan Peradilan. Jakarta Timur. Sinar Grafika.

Tito Slamet Kurnia, dkk. 2013. Pendidika Hukum, Ilmu Hukum & Penelitian Hukum di Indonesia (Sebuah Reorientasi). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Tami Rusli, Penyelesaian Sengketa Antara Konsumen dan Pelaku Usaha Menurut Perundang-undangan, Jurnal KEADILAN PROGRESIF Volume 3 Nomor 1 Maret 2012.

A. Ahsin Thohari, “Kedudukan Komisikomisi Negara dalam Stuktur Ketatanegaraan Indonesia”, Jurnal Hukum Jentera, edisi 12 Tahun III, April-Juni 2006.

Hanum Rahmaniar Helmi, Eksistensi BPSK dalam Memutus Sengketa Konsumen di Indonesia. JURNAL ADHAPER Volume 1, No. 1 Tahun 2015.

Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, Diaksesdarihttps://www.google.com/am p/s/www.dslalawfirm.com/bpsk/, diakses pada 20 Januari 2022, Pukul 13.02WIB

https://news.detik.com/berita/d244430/ini-5-masalah-perlindungankonsumen-yang-dihadapi-bpsk/,pada Tanggal 20 Januari 2021, Pukul 10.55 WIB.

Andi Saputra, Tok! 127 Keputusan Sengketa Konsumen Dianulir MA, diakses dari,https://news.detik.com/berita/d/3669668/tok-127-keputusansengketakonsumen/dianulir-ma/Pada Tanggal 20 Januari 2021, Pukul 10.45 WIB.

Keputusan Sengketa Konsumen Dianulir MA diakses pada https://medanbisnisdaily.com/m/news/online/read/2017/10/04/7345/127_keputusan_sengketa_konsumen_dianulir_ma/, Pada 04 Februari 2022.

R. Bachri, dkk. “Disparitas Pemahaman Hakim dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen (Kajian Pustaka No. 10/Pdt. Sus-BPSK/2016/PN.Plk)”. Jurnal Hukum Khairun. Volume 1 Nomor 2. Tahun 2020.

Shidarta, BPSK di Tengah Pergeseran Kewenangan Penganggaran, diakses darihttps://businesslaw.binus.ac.id/2017/11/0/bpsk-di-tengah-pergeserankewenangan-penganggaran/

Pada tanggal 20 Januari 2021, pukul

00 WIB.

Togar Julio Parhusip, SH. Cara ajukan Keberatan Atas Putusan BPSK yang Final dan Mengikat. Diakses pada https://www.hukumonline.com/klinik/a/cara-ajukan-keberatan-atas-putusan-bpsk-yang-final-dan-mengikat/ pada tanggal 25 Januari 2022.

Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentan Perlindungan Konsumen Peraturan Menteri PerdaganganRINomor06/M-Dag/Per/2/2017/Tentang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Undang-undang Nomor 48 Tahun 2009 Tentang Kekuasaan Kehakiman

Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 350/MPP/Kep/12/2001Tentang Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang BPSK

Downloads

Published

2022-06-11